Rabu, 24 Maret 2010

SEJARAH MASJIDIL AQSO

Masjidil Aqso, Masjid Umar, Tembok Ratapan berada di wilayah Yerusalem Timur. Dimana 99% penduduknya adalah muslim


Tahun 619 M, pada saat Nabi Muhammad berusia 48 tahun,beliau melakukan perjalanan dari kota Mekah menuju kota Yerusalem,untuk selanjutnya melakukan perjalanan Isra Miraj. Perjalanan tersebut memakan waktu 100 hari dengan menunggang kuda sejauh ± 3000km. Pada saat perjalanan tersebut,belum berdiri Masjidil Harom, Masjidil Aqso ataupun Masjid Umar.


Tembok Ratapan dibangun sekitar 1500 tahun sebelum Kanjeng Gusti Rosul Muhammad SAW lahir. Pada saat Nabi Musa diusir oleh Raja Firaun, beliau kembali ke kampung halamannya di wilyah Yerusalem. Nenek moyang Nabi Musa sudah hidup di wilayah itu, yang kemudian dikenal sebagai kaum / suku Yahudi (keturunan dr Nabi Yusuf).. Kakek moyang Nabi Musa merantau ke kerajaan Firaun di Kairo – Mesir (jarak Mesir – Israel ± 1000km, melewati laut merah).


Secara logika..kepergian Nabi Muhammad (yang pada saat itu sebagai pemimpin umat) pastilah didahului oleh ’tim advance’. Baik utk keperluan persiapan lokasi ataupun membuka jalan & perijinan. Karena dalam perjalanan tersebut,Nabi Muhammad melintasi wilayah2 yang dikuasai oleh penguasa daerah lokal, seperti El Taza, El Arif, dsb.


Perjalanan tersebut berjalan lancar & sampailah Nabi ke wilayah Tembok Ratapan. Lancarnya perjalanan Nabi,dikarenakan anggota ‘tim advance’ Nabi dipimpin oleh seorang tokoh bangsawan Yahudi yang telah ikut ajaran Islam. Tokoh ini juga disegani oleh masyarakat Yahudi di Yerusalem. Sehingga penguasa wilayah yang dilintasi oleh Nabi (El Taza, El Arif, Yerusalem) segan & mengijinkan Nabi melintasi wilayahnya dengan selamat hingga sampai didirikannya Masjidil Aqsa di atas implasemen Tembok Ratapan Tangis.


Lalu sampailah Nabi ke Tembok Ratapan Tangis, yang di atasnya terdapat tapak tilas tempat tafakur yang dikeramatkan bagi para Nabi. Yang juga dipakai tafakur oleh Nabi terdahulu, antara lain; Nabi Yakub, Yusuf, Daud, Sulaiman, Musa. Kemudian Nabi melakukan tafakur di gua tersebut selama 120 hari sebelum akhirnya melakuan perjalanan ke Sidratul Muntaha. Peristiwa itulah yang kemudian dikenal dengan nama Isra Miraj. Pada saat itu pula Nabi mendapat perintah sholat. Dilakukanlah sholat yang pertama kali & Bilal yng melakukan adzan. Kemudian di lokasi tersebut dibangunlah Masjidil Aqso. Pembangunan Masjidil Aqso dilakukan oleh Nabi bersama para pengikutnya,yang diantaranya adalah kaum Yahudi yang sudah memeluk agama Islam.


Usai mendirikan Masjidil Aqso, Nabi kembali ke Mekah dengan dikawal iring2an kaum Yahudi dgn jumlH yang lebih banyak dan telah beragama Islam. Tiba di Mekah, diusir & dikejar2 oleh kaum / suku Qurais yang dipimpin oleh Abu Jahal & Abu Lahab (yang katanya adalah paman Nabi). Kemudian pada saat usia Nabi 50 tahun, beliau melakukan perang di kota Madinah & menang. Kemudian turun temurun suku Yahudi – muslim, banyak yang menetap di kota Madinah hingga sampai keturunannya saat ini.


Saat pembangunan pertama & pelaksanaan sholat 5 waktu, Masjidil Aqso sebagai pusat kiblat sholat lima waktu bagi umat Islam. Karena Masjidil Harom belum berdiri. Barulah sekitar 15 tahun kemudian didirikannya Masjidil Harom & arah sholat di arahkan ke Batu Kabah di Masjidil Harom sebagai patokannya.


Sekitar 200m disamping Batu Kabah, terdapat rumah tempat patung2 sebagai tempat persembahan kaum jahiliyah Raja Namrud. Kemudian patung2 tersebut dibuang & dibangunah Masjidil Harom (yang berarti ’Rumah Haram’). Terlibat dalam proses pembangunan tersebut adalah Abu Motolib, yang merupakan trah bangsawan (yang katanya) keturunanRaja Namrud.


Batu Kabah itu sendiri sebesar kepala kerbau. Karena 4 orang sahabat Nabi sempat berebut untuk memindahkan batu tersebut,maka pemindahan Batu Kabah menggunakan 2 kain yng saling dikaitkan. Dimana semua ujungnya (ada 4 ujung) dipegang oleh ke-4 sahabat Nabi tersebut. Batu tersebut sudah ada semenjak zaman Nabi Ibrahim. Pada saat itu,batu tersebut hendak dirusak oleh kaum Namrud,yang kemudian mereka diserang oleh Burung Ababil yang melemparkan batu kepada mereka. Posisi Batu Kabah, saat ini berada di dalam Kabah,beserta barang inventaris peninggalan Nabi Muhammad. Seperti Sajadah tenunan dari Jawa (muat 5 orang duduk), seperangkat Kendi Jawa tempat minum yang terbuat dari tanah liat dan Pusaka Tongkat Komando Rosulullah alias Pusaka Sipedut (yaitu Pusaka bibitnya Tanah Jawa). Pada bangunan Kabah juga terdapat batu lain,yaitu; Batu Hajar Aswat.


Pada saat Nabi berusia 63 thun (1 minggu sebelum beliau wafat), Nabi menjadi imam & memimpin Shalat Jumat (yang pertama kali & terakhir) di Masjidil Harom. Pada saat itu,Nabi menggerakkan umatnya untuk berkumpul di Masjidil Harom sebagai jamaah sholat. Bangunan Masjidil Harom pada saat itu juga masih sederhana (sejenis Mushola). Dan pada saat itu juga diresmikan bahwa Masjidi haram sebagai patokan arah kiblat untuk pelaksanaan sholat.


Kenapa Nabi memutuskan kiblat ke arah Masjidil Harom & bukan Masjidil Aqso..?? Padahal Masjidil Aqso-lah tempat pertama kali yg dibuat. Ini dikarenakan di bwah Masjidil Aqso terdapat Tembok Ratapan yang merupakan tempat ibadah kaum Nabi Musa (agama Hebron – kitab Taurat) & agar tidak rancu.


Batu Gantung yang berembun / Batu tangis.


Ø Berbentuk bulat, berwarna hitam & berembun.


Ø Diameter batu ± 7m. Embun yang menempel 10x lebih harum dari bau parfum


Ø Bagian tengah batu berbentuk bolong, dgn diameter ± 90cm


Ø Tebal batu ± 2,5m


Ø Bila kita berdiri di bawahnya, maka tangan kita bisa menyentuh batu tersebut.



Untuk berziarah ke Masjidil Aqso; bebas waktunya untuk kaum muslim. Tapi bagi agama lainnya diatur hanya pada hari tertentu saja.


Sejarah Batu Gantung / Batu Tangis. Berada di latar (implasemen) gua & merupakan tempat duduk Nabi Musa ketika melakukan tafakur. Kemudian dipakai oleh Nabi2 selanjutnya & termasuk oleh Nabi Muhammad. Batu Gantung tersebut kemudian naik & membentuk rongga di bagian bawahnya, yang sekaligus menambah luas ruangan goa yang telah ada sebelumnya.


Nabi Musa bertemu dgn Tuhan di Bukit Tursina. Sedangkan Tembok Ratapan adalah tempat Nabi Musa melakukan ceramah / dakwah. Betlehem adalah tempat penyaliban Nabi Isa & dilokasi itu, juga dibangunlah gereja.


Pada hari akhir..setelah wafatnya Dajal Samiri.. akan berdiri suatu agama atas perdamaian dari berbagai agama. Yakni Agama Kedamaian. Setelah munculnya Imam Mahdi alias Sang Penata Umat. Setelah beliau melakansakan haji, beliau mendapat gelar tambahan & nama beliau menjadi 'H. Ahmad Muhamad ????????'. Imam Mahdi berasal dari Tanah Jawa / Indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar